Syukuri :)


Ngerasa kurang?
Ada yg gag lengkap?
Atau gag tahan hidup serba kekurangan?
Setiap muncul pikiran kayak gitu, sebaiknya kita alihin mikirin mereka di luar sana yang belum tentu makan.
Kita masih bisa makan enak sama pilihan menu sesuka kita.
Tidur di spring bed empuk.
Naek motor sana-sini tanpa harus susah jalan kaki.
Tanpa miikir orang tua kita mati-matian kerja di sawah, di kantor, atau bahkan pinjam uang orang buat menuhin kebutuhan kita.
Orang tua mana yg gag mau anaknya bahagia, apa pun mereka lakuin buat kita.
Sedurhaka apa pun kita, tetap aja mereka maafin, jagain, en sayangin kita.
Mereka udah banyak berkorban demi kita.
Udah habis waktu, tenaga, dan kasih buat besarin kita jadi orang kayak gini.
Pertanyaannya, pernah gag kita mikirin buat ngurangin sedikit dari beban mereka.

Ok, sekarang giliran saya cerita.
Saya lagi instal ulang laptop saya di salah pertokoan di Sumbawa.
Sementara nunggu, saya jalan-jalan aja di sekitar pertokoan.
Eeh,, hujan turun. Saya mutusin buat berteduh di teras salah satu toko.
Lirik kesamping, tau-tau ada ibu-ibu sama anaknya.
Ibu itu kayak orang gila soalnya dia pake baju PNS tapi lambang dibajunya kebalik smua.
Trus, karena saat itu saya punya uang lebih, niatnya saya mau kasih ibu itu.
Eeh, tapi pas saya kasih, dia nolak.
Saya kaget. Dia bilang lou dia gag gila.
Banyak orang yg kirain dia gila soalnya dia suka tidur di lorong-lorong pertokoan dan bajunya compang-camping.
Memang sih gaya bahasa ibu itu sedikit ngelantur.
Tapi, setelah lama ngobrol ma ibu itu, dia punya kisah luar biasa.
Ibu itu dulu dilantarin sama suaminya en dulu kerja di salah satu rumah mkn di Sumbawa, karena majikannya meninggal dia berhenti kerja.
Pas dia hamil, suaminya ngusir dia karena mungkin malu punya istri kayak dia.
Dia pun merantau ke Sumbawa karena keluarganya pun ngusir dia.
Dia melahirkan pun dibantu orang yg kasihan sama dia.
Menurut ceritanya ibu itu lou dia dulu sering diperkosa sama preman-preman. Jadi dia depresi dan stress makanya dia jadi kayak gini.
Nah, saya tanya juga tentang anaknya.
Anaknya emang sakit dari kecil, karena gag ada uang buat berobat jadi ampe lumpuh.Umurnya sekarang 11 tahun, tapi badannya kayak anak TK. Perutnya buncit, gag bisa ngomong, en kemana-kemana harus digendong sama ibunya.Kasihan khan?
Dari cerita itu saya ambil banyak pelajaran untuk bersyukur. 
Bersyukur atas kecukupan materi yang diberikan Tuhan.
Bersyukur atas kesempurnaan fisik dan dalam keadaan sehat.
Bersyukur pula karena bertemu ibu dan anak tadi hari itu.
Saya sadar pula, betapa papa dan mama saya sudah berkorban banyak buat saya.Sedangkan saya masih saja sering membuat mereka marah, kesal, dan kecewa.Maaf saya belum bisa memberikan kebahagian bagim kalian.

Dari catatan ini, saya berharap agar kita semua lebih mensyukuri keadaan :)

2 komentar:

  1. Alhamdulillah Meilis sdh bisa menemukan Jati Diri sbg seorang anak, kt memang hrs sering membuka mata hati dan pikiran kita tentang segala hal yg ada disekitar kita. Ibu bangga sekali smg ceritamu bisa direnungkan oleh teman yg lain. Ibu jg punya nasehat utk anak yang sdg merantau utk sekolah : Uang bukan mengikuti kebutuhan, tapi kebutuhan yang mengikuti uang yg ada. krn kebutuhan manusia itu tak ada betasnya, tul nggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Bu :)
      Smenjak kejadian itu, saya menjadi semakin mengerti tentang hidup, Bu. Betapa hidup adalah tantangan dan perjuangan. Siapa yang berhasil mengalahkan tantangan itu, ialah yang berhasil meraih hidupnya :)

      Hapus